Gempa Bumi Cianjur 2022: PT Len Industri (Persero) Ajak Seluruh Bagian Perusahaan untuk Membantu Sesama

Gempa bumi kembali terjadi di Cianjur, Jawa Barat, pagi ini tanggal 5 Januari 2023. Gempa berkekuatan 2.9 SR ini, menurut BMKG terjadi didarat dan berada di kedalaman 10 km.

 

Gempa bumi Cianjur menjadi kabar duka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Diawali dengan gempa dahsyat berkekuatan 5.6 SR yang terjadi pada 21 November 2022, disusul dengan ratusan gempa susulan yang memberikan dampak bukan hanya pada lingkungan dan tempat tinggal, tapi juga pada psikologis korban bencana.

 

Dikutip dari situs BNPB, hingga 4 Desember 2022 korban meninggal dunia mencapai angka 334 jiwa, 593 orang luka berat, dengan total 114.683 jiwa pengungsi.

 

Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN karena sudah kompak dalam menyalurkan bantuan terhadap korban bencana di Cianjur. BUMN dapat menyalurkan bantuannya ke posko Satuan Tugas (satgas) Bencana BUMN Provinsi Jawa Barat yang dikoordinasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) atau bantuan dapat disalurkan langsung ke masyarakat terdampak.

 

"Dengan hadirnya BUMN kita bisa menjadi satu keluarga besar dan memberikan solusi terbaik untuk para korban pascabencana," ujar Erick dikutip dari situs detiknews.

 

PT Len Industri (Persero) selaku induk holding BUMN industri pertahanan DEFEND ID pun turut andil dalam penyaluran bantuan BUMN kepada masyarakat terdampak gempa bumi Cianjur.

 

Terhitung pada akhir tahun 2022, PT Len Industri (Persero), anak perusahaan Len, dan anggota holding DEFEND ID telah berkolaborasi untuk berkontribusi dalam membantu korban gempa.

 

Bantuan ini diserahkan dalam 2 tahap, pertama adalah pada tanggal 26 November 2022. Pada bantuan ini dikerahkan tim TJSL Len Industri Company dan DEFEND ID untuk mengantarkan bantuan langsung ke Cianjur. Bantuan pertama terdiri dari alat tidur, sembako, perlengkapan bayi, obat-obatan, bahan dapur, dan barang logistik.

 

Selanjutnya, bantuan tahap kedua dilaksanakan pada 15 Desember 2022. Namun pada bantuan kali ini terdapat bantuan yang berbeda dari sebelumnya. Selain memberikan sembako dan obat-obatan, Len Industri Company dan anggota holding DEFEND ID juga memberikan bantuan dalam bentuk mainan anak-anak. Hal ini dilakukan untuk memulihkan dampak psikologis anak pasca menjadi korban gempa bumi.

 

Di agenda kedua ini, selain dilakukan penyerahan bantuan, divisi TJSL dan Corporate Communication Len pun melakukan agenda bermain bersama dengan anak-anak dalam rangka upaya trauma healing korban.

Berita lainnya